9 Alasan Pentingnya Memulai Bisnis Kita Sendiri

Posted by

Memulai sebuah bisnis atau usaha sendiri merupakan hal yang seharusnya kita lakukan. Kenapa kita harus memulai berbisnis?

Apa menjadi seorang karyawan tidak cukup? Kenapa harus memulai usaha sendiri jika saya seorang pegawai?

Bagi yang sudah menjalankan bisnis atau usaha milik anda sendiri, saya ucap kan “Selamat”. Anda sudah mencapai sebuah titik dimana tidak semua orang berani untuk melakukannya.

Memulai sebuah bisnis bukan merupakan suatu hal yang mudah bagi sebagian besar orang. Banyak yang hanya mempunyai keinginan akan tetapi pada akhirnya tidak mempunyai keberanian untuk mengambil tindakan memulai sebuah bisnis atau usaha milik sendiri.

Nah, untuk lebih mantap dalam mengambil keputusan untuk segera memulai bisnis mari kita lihat beberapa alasannya, yakni:

  1. Suatu hari kita akan pensiun

Kita semua harus menyadari bahwa tidaklah cukup jika hanya mengandalkan posisi kita saat ini yang menjadi seorang pegawai ataupun karyawan pada sebuah instansi perusahaan. Bukan hanya terkait masalah gaji yang tidak sesuai dengan harapan akan tetapi ancaman terbesar yang akan dihadapi oleh semua orang kelak, yakni “Pensiun”.

Pensiun ini bukan hanya sebatas karena usia sudah lanjut sehingga tidak produktif lagi di perusahaan yang pada akhirnya diberhentikan dengan sejumlah pesangon untuk biaya hidup di hari tua.

Akan tetapi pensiun dalam arti yang lebih umum, bahwa kelak suatu hari nanti kita mungkin saja sudah tidak bisa bekerja lagi. Bisa karena kita di PHK, kecelakaan kerja yang membuat kita tidak produktif lagi ataupun memang kita sudah memasuki usia lanjut.

Nah, apa persiapan kita untuk menghadapi fenomena pensiun tersebut? Sudahkah kita punya cukup tabungan dana untuk biaya hidup saat pensiun?

Apa saat nanti pensiun kita akan mengandalkan keluarga untuk menampung dan membiayai hidup kita?

Selagi masih diberikan kemampuan untuk produktif dalam usaha, selayaknya kita manfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk memulai menemukan ide bisnis untuk dijalankan. Sehingga seiring waktu bisnis akan semakin berkembang untuk menjamin kehidupan kita di saat pensiun itu tiba.

  1. Mempunyai kebebasan waktu

Apakah anda merasakan kejenuhan hampir setiap hari bangun pagi-pagi untuk segera bersiap berangkat ke perusahaan tempat bekerja? Apakah anda setiap pagi dan sore saat berangkat maupun pulang kerja terjebak macet di jalan?

Apakah waktu bersama keluarga tercinta anda semakin terkikis karena kesibukan kerja di kantor yang mengharuskan untuk lembur?

Ketika kita bekerja untuk orang lain, maka secara tidak langsung kita menjual diri kita untuk patuh pada aturan-aturan yang diberikan oleh orang pemberi kerja tersebut. Baik pikiran, raga maupun waktu kita tergadaikan pada sang pemberi kerja.

Berbeda ketika kita menjalankan bisnis sendiri, waktu yang terlewat demi perkembangan dan kemajuan bisnis tersebut. Kita masih bisa meluangkan waktu untuk keluarga dan berkumpul bersama orang-orang yang kita cintai.

Dengan bisnis milik sendiri jam kerja dapat kita tentukan sendiri sesuai dengan tingkat kepentingan dalam meraih tujuan bisnis tersebut.

  1. Mempunyai kebebasan menentukan keputusan

Seringkali kita tidak bisa mengambil keputusan dalam sebuah permasalahan ketika bekerja di dalam sebuah instansi perusahaan.

Kita terikat oleh aturan dan struktur organisasi dimana kita tidak mempunyai otoritas untuk menentukan sebuah keputusan untuk segera dilakukan.

Sebagai seorang pemilik bisnis kita akan punya kewenangan untuk segera menentukan keputusan dalam berbagai hal. Tentunya keputusan itu demi kemajuan dan perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Penentuan keputusan ini sangat penting ketika melihat adanya peluang yang memungkinkan bisnis menjadi semakin berkembang.

  1. Meraih kebebasan finansial

Impian semua orang bisa mencapai kebebasan finansial, dimana kita tidak lagi terbatasi dalam mengeluarkan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kebebasan secara finansial memang tidak akan terwujud hanya dengan anda sudah mempunyai bisnis sendiri. Akan tetapi potensi penghasilan dari bisnis milik anda itu tidak terbatas. Sehingga jika bisnis anda berkembang dengan pesat tentu akan memungkinkan pencapaian kebebasan finansial dalam kehidupan anda.

Namun hal itu akan mustahil terwujud jika anda hanya puas menjadi seorang pegawai atau karyawan di sebuah instansi perusahaan. Karena penghasilan dari seorang karyawan tentu sudah dibatasi dengan standar tertentu yang hanya akan mengalami kenaikan mungkin setahun sekali.

Nah, kebutuhan hidup semakin hari terus meningkat, belum lagi adanya inflasi yang membuat daya beli uang terhadap barang semakin menurun.

  1. Mewujudkan impian

Bagi anda yang sekarang sedang menjadi seorang karyawan apakah itu merupakan mimpi akhir anda?

Apakah pensiun dari perusahaan adalah tujuan akhir anda? Jika bukan itu impian dan tujuan akhir anda, mungkin sudah waktunya anda mulai merealisasikan mimpi anda menjadi sebuah ide.

Ide inilah yang nantinya kita jadikan dasar untuk memulai dan mengembangkan sebuah bisnis milik sendiri. Dari impian yang menjadi sebuah ide kemudian berkembang menjadi suatu tujuan dalam bisnis dan mungkin juga hidup anda.

  1. Meningkatkan pengalaman dan keahlian

Menentukan pilihan untuk membangun bisnis sendiri akan membuka pengalaman baru, tantangan baru yang tentunya akan membutuhkan keahlian khusus agar bisnis terus maju dan berkembang.

Seiring waktu ketika mengelola bisnis sendiri kita akan menemui berbagai macam persoalan yang menuntut keahlian dan kreatifitas kita untuk mencari solusinya. Semakin banyak kendala yang kita alami maka pengalaman dan keahlian kita dalam mengelola bisnis akan semakin banyak.

Mengelola sebuah bisnis sendiri memang tidak mudah, akan tetapi dengan pengalaman dan keahlian kita yang nantinya semakin meningkat maka peluang-peluang usaha yang lain pun akan dapat kita lihat dan dimanfaatkan.

  1. Membentuk suatu jaringan

Membangun sebuah bisnis memberikan komitmen kepada kita untuk melayani orang banyak. Dalam proses perkembangannya kita tentu akan mengenal banyak orang dan menjalin kerjasama dengan orang lain.

Kerja sama yang terjalin dengan orang lain akan membentuk suatu jaringan. Dengan jaringan ini nantinya akan semakin memperluas wilayah pemasaran dari bisnis yang kita kembangkan.

Jaringan ini juga yang akan menguatkan bisnis kita dalam persaingan, dalam jaringan ini kita akan mengenal banyak orang dari berbagai kalangan baik sesama pemilik bisnis ataupun berbagai instansi yang terkait dengan bisnis yang sedang kita kembangkan.

  1. Menyediakan peluang karir

Setiap tahunnya banyak lulusan sekolah maupun kuliah mencari lowongan pekerjaan. Dengan mengembangkan bisnis kita dapat memberikan peluang berkarir bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

Peyediaan peluang karir tersebut bisa berupa rekrutmen menjadi tenaga kerja kita maupun sebagai mitra dalam berbisnis. Kemitraan dalam bisnis selain akan mengembangkan bisnis kita, juga dapat melatih orang lain untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri.

Dengan demikian kita akan mampu mengurangi angka pengangguran yang setiap tahun selalu bertambah.

  1. Meninggalkan warisan yang bermanfaat

Bayangkan saja kalau sudah menjadi pengusaha sukses. Bisa membayangkannya … ?

Kesuksesan sebagai seorang pengusaha dapat menciptakan berbagai jenis usaha. Usaha dapat menjadi sebuah warisan bermanfaat bagi generasi berikutnya. Pewarisan usaha tersebut banyak dilakukan pada sebuah perusahaan keluarga. Seperti orangtua pengusaha sukses memberikan usaha yang dirintisnya untuk anaknya.

Usaha warisan akan mengalami persaingan ketat dengan usaha lain seiring perjalanan waktu. Oleh sebab itu, pewaris perusahaan harus mampu menjaga nilai tradisi usaha yang telah dilakukan sejak dulu. Apabila akan melakukan perubahan maka harus berusaha membuat perubahan yang lebih baik. Sehingga nama baik usaha yang telah ada sejak dulu dapat terjaga.

Usaha warisan sangat menjanjikan. Sebab kebanyakan orang akan mengingat nama perusahaan yang mereka nilai baik. Meski pemilik asli perusahaan tersebut sudah tiada dan usaha tersebut dikelola oleh pewaris lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *